19
Sep
10

Jupiter, September 2010

Planet Jupiter sudah dikenal manusia sejak lama. Sejarah mencatat bangsa Babilonia menandai planet ini sebagai penjelmaan dewa mereka, Marduk. Bangsa Romawi-lah yang menamai planet ini dengan nama Jupiter, dewa dari mitologi Romawi.

Planet ini merupakan planet terbesar dalam susunan tata surya kita, ukuran planet ini bila dibandingkan dengan bumi adalah 121,9 kali bumi. Planet ini berada di posisi ketiga benda langit yang paling terang setelah Bulan dan Venus. Tapi terkadang kecemerlangannya kalah dibandingkan Mars pada saat-saat tertentu.

Pada bulan September 2010, Planet ini akan mucul di langit timur beberapa saat setelah matahari tenggelam di ufuk barat. Planet ini mudah dikenali karena kecemerlangannya. Pada tanggal 20 September 2010, posisi planet ini akan berada pada posisi paling dekat ke planet Bumi, yaitu 592 Juta km. Jarak ini lebih dekat 75 Juta km dibandingkan 13 bulan lalu ketika bumi ‘berpapasan’ dengan Jupiter.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa orbit planet-planet di tata surya ini tidaklah bulat sempurna, melainkan berbentuk ellips. Hal ini menyebabkan jarak antar planet selalu berubah dari waktu ke waktu.

Pada tanggal 20 September 2010 ini, kita berkesempatan meneliti Jupiter seperti yang dilakukan oleh Galileo pada tahun 1610. Pada saat itu, Galileo dengan bantuan teleskop berhasil menemukan empat buah satelit alami Jupiter yaitu Io, Europa, Callisto dan Ganymede. Keempat satelit ini biasa disebut sebagai Galilean Moons. Khusus untuk Ganymede, satelit ini tercatat sebagai satelit alami paling besar yang ada di sususan tata surya kita, ukurannya bahkan lebih besar daripada planet Merkurius.

Cobalah keluar pada Senin malam tanggal 20 Sept 2010 dan lihat ke arah timur. Kalau langit cerah posisi Jupiter akan berada seperti dalam gambar di atas. Jika kalian mempunyai teleskop atau binokular cobalah teliti planet tersebut, kalau kualitas teleskopnya bagus, Galilean Moons bisa ikut terlihat. Bersamaan dengan itu, planet Uranus bisa dilihat di kiri bawah planet Jupiter. (catatan, posisi ini berdasarkan posisi pengamat di daerah Jakarta dan sekitarnya)

Posisi Jupiter akan terus naik bila didasarkan pada posisi pengamat, makin malam dia akan berada tepat di atas langit dan menjelang pagi akan berada di langit barat.

Semoga informasi ini bisa membantu kalian yang ingin melihat Jupiter secara lebih detail. Selamat berburu Jupiter !

Gak di angkasa, gak di darat, yang namanya JUPE memang sexy !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

September 2010
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip


%d blogger menyukai ini: