14
Jun
10

Vuvuzela dan Jabulani

Vuvuzela

Sudah pernah menyaksikan siaran langsung Piala Dunia 2010 di layar kaca, atau bahkan sempat menyaksikan langsung di Afsel ? Aku pribadi cukup hanya bisa menyaksikan dari layar kaca saja. Dari beberapa hari awal pergelaran piala dunia kali ini, ada dua hal yang cukup mengganggu dalam menyaksikan pertandingan-pertandingan di Afsel. Pertandingan yang seharusnya bisa dinikmati cukup terganggu dengan dua benda yang bernama Vuvuzela dan Jabulani.

Vuvuzela adalah alat musik tiup khas Afrika Selatan yang kini menjadi terkenal karena suaranya sering terdengar di siaran langsung Piala Dunia 2010 di Afsel.

Vuvuzela ini awalnya terbuat dari timah, tapi kini banyak ditemukan vuvuzela dengan bahan plastik. Vuvuzela mempunyai panjang hampir 1 meter dan harus ditiup kuat-kuat supaya bisa mengeluarkan bunyi. Vuvuzela mengeluarkan suara dikisaran 120 desibel, yang merupakan level berbahaya bagi kedua telinga tanpa penutup. Di layar kaca kita bisa mendengarnya seperti dengungan sekumpulan lebah yang sedang mengerumuni sarangnya. Benar-benar mengganggu !

JabulaniBenda yang cukup mengganggu lainnya adalah Jabulani, yang dalam bahasa Zulu artinya adalah Gembira. Jabulani adalah bola sepak resmi Piala Dunia 2010, produk buatan Adidas ini baru pertama kalinya digunakan di ajang sepakbola internasional.

Bola ini mengundang kontroversi karena menurut beberapa kiper, Jabulani susah di kontrol dan diprediksi arah datangnya. Beberapa pemain non-kiper pun ada yang menyatakan hal senada bahwa bola ini bisa bergerak liar jika ditendang.

Awalnya aku juga gak begitu percaya dengan ucapan-ucapan para pemain tersebut, selain karena tidak mampu beli Jabulani (USD 150 !) juga sempat beranggapan bahwa pemain yang komplain adalah pemain yang disponsori oleh sports apparel saingan Adidas.

Tapi, apa yang aku saksikan di pertandingan perdana antara Afsel vs Mexico sepertinya membuktikan bahwa Jabulani ini memang susah diprediksi. Seringkali pemain sayap Mexico kecele ketika akan menerima umpan lambung dari rekannya. Bola lambung yang sempat menyentuh tanah sekali itu kemudian ‘loncat’ lagi di atas kepala sang pemain. Kalau sekali atau dua kali sih mungkin karena pemainnya memang lagi tidak konsen, tapi kejadian ini berulang terus dan di alami oleh beberapa pemain. Benar-benar membuat pemain skala internasional terlihat seperti pemain cileupeung !

Yang menyakitkan mungkin terjadi terhadap kiper Aljazair, dalam tayang ulang terlihat dia sudah memprediksi arah datangnya bola, tapi ketika bola memantul dari tanah, bolanya lebih naik sedikit di atas kedua tangannya. GOL ! Para pemain Aljazair tentunya gregetan dengan adanya gol ini, tapi pemain Slovenia benar-benar gembira karena gol itu menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Jika sampai saat ini belum ada wacana penolakan terhadap Jabulani, lain halnya dengan Vuvuzela. Beberapa kalangan sudah mulai merasa terganggu dengan keberadaannya di dalam stadion, mulai dari pemain, pelatih, para penyiar siaran langsung, juga pemirsa televisi mulai gerah dengan suara dengungan lebah yang bersahutan sepanjang pertandingan.

Semoga, meskipun cukup terganggu dengan bisingnya Vuvuzela dan liarnya Jabulani, perhelatan Piala Dunia 2010 ini akan menyajikan pertandingan-pertandingan yang seru dan tetap enak ditonton.

Eh, kamu tahu apa yang membuat aku sebal menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2010 ini selain Vuvuzela dan Jabulani ? Tidak ada timnas sepakbola INDONESIA disalah satu pertandingan itu😐

Ok deh, selamat menyaksikan pertandingannya, jangan lupa tidur karena kurang tidur hanya bisa digantikan dengan tidur lagi, bukan dengan minum atau makan suplemen.


0 Responses to “Vuvuzela dan Jabulani”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip


%d blogger menyukai ini: