02
Apr
09

I Am Sam

i-am-sam-cover Akhirnya kesampaian juga menonton film drama I Am Sam yang sarat dengan nuansa The Beatles. Film produksi New Line Production tahun 2001 ini baru aku tonton 8 tahun kemudian🙂

Sebelumnya, pertengahan 2004 yang lalu aku sudah mempunyai album OST I Am Sam, yang semuanya berisikan lagu grup legendaris The Beatles *she loves you …yeah yeah yeah* yang dibawakan ulang (cover) oleh penyanyi-penyanyi lain seperti Sheryl Crow, The Black Crowes, Eddie Vedder, Stereophonic dan lainnya. Sewaktu mendengarkan lagi-lagu dalam album ini sebenarnya terbersit penasaran akan alur cerita dari film I Am Sam ini, tapi rasa penasaran itu hilang dengan sendirinya, salah satunya adalah karena aku bukan penggemar film bergenre drama. Tapi, penasaran itu muncul kembali beberapa minggu yang lalu.

Saat itu aku memasang status “Lucy In The Sky With Diamonds” di YMku, terus ada salah seorang rekan kerjaku yang berkomentar, “Itu kan nama anak kecil di film I Am Sam !” Aku sih mengiyakan saja, padahal aku tahunya cuma Lucy In The Sky With Diamonds itu ada di album OST I Am Sam, bahkan ada dua versi. Rasa penasaran akan alur cerita film ini mulai timbul lagi, apalagi kini ditambah dengan keingintahuan lagu-lagu The Beatles tersebut disisipkan sebagai backsound dalam adegan apa saja.

i-am-sam-pfeifferBertepatan dengan April Mop kemarin, akhirnya dapat juga DVD I Am Sam, jarang-jarang nih menonton film drama, tapi tak mengapalah di film ini ada aktris favoritku, Michelle Pfeiffer yang menjadi pengacara bernama Rita Harrison. Lagi-lagi Rita Harrison ini sangat kental nuansanya dengan The Beatles. “Lovely Rita” adalah salah satu karya John Lennon, sedangkan Harrison semua Beatlesmania juga tahu, nama ini adalah nama gitaris George Harrison.

“Lucy In The Sky With Diamonds” menjadi lagu The Beatles yang muncul pertama di film ini. Lagu yang dbawakan oleh The Black Crowes menjadi backsound ketika Lucy Diamond Dawson kecil digendong oleh Sam Dawson (Sean Penn) keluar dari rumah sakit menuju bis – ketika mbak Rebecca kabur – hingga Sam Dawson kebingungan sendiri sambil tetap menggendong Lucy Diamond.

i-am-sam-zebra-cross

Selain lagu-lagu The Beatles, banyak dialog-dialog yang mengutip lirik lagu The Beatles – semisal “Help, I need somebody help” hingga potongan lirik yang menjadi spirit film ini ” All you need is love” – pernak-pernik The Beatles seperti poster John Lennon ketika masih muda dan ketika brewokan, ada juga pin “Give Peace a Chance”. Lalu ada adegan ketika Lucy (Dakota Fanning), Sam Dawson dan beberapa teman senasib Sam Dawson menyeberangi zebra cross sehabis membeli sepatu Lucy, kalau kamu termasuk Beatlesmania pasti sudah bisa tahu adegan ini terinspirasi oleh apa…….., ya betul, adegan itu pasti terinspirasi oleh cover album Abbey Road.

Cover album Abbey Road

Cover album Abbey Road

Walaupun situasi dan kondisinya berbeda dengan film I Am Sam, aku jadi teringat akan perjuangan Ayahku dan tentunya Ibuku dalam membesarkan aku hingga sekarang ini. Mereka selalu menyayangiku, membiayai sekolahku, memastikan agar aku dan adikku selalu mendapatkan yang terbaik walaupun mereka harus banting tulang tak kenal lelah dan tak kenal waktu. Terima kasih Ibu. Terima kasih Ayah.

i-am-sam-lucy-busi-am-sam-lucy

Ada adegan yang mengingatkanku pada Ozza, Adegan ketika Sam Dawson dan Lucy sedang bermain di taman, ketika itu Lucy menanyakan pertanyaan seperti anak yang selalu ingin tahu sesuatu. Kalau memakai istilah di rumah aku mah pertanyaan ini namanya pertanyaan “mengapa begini mengapa begitu” yang kadang-kadang orang tua pun sulit untuk menjawabnya.

Satu pertanyaan yang masih terngiang-ngiang sampai saat ini adalah :
Lucy     : “Daddy, are ladybugs only girls or are there boys too ? And if there are, what they called?”
Sam     : “Yeah…, The Beatles!”

–**–**

It was a good and wonderful movie about the power of love, seperti yang John Lennon tulis …”All you need is love, love is all you need”.

The Beatles lives forever……


2 Responses to “I Am Sam”


  1. Selasa, 7-Juli-2009 pukul 10:43 am

    punya dvd-nya tapi saya belom nonton!😀 tar malem nonton aaahh.. *telat bgt, kalee*

  2. Rabu, 28-Maret-2012 pukul 11:06 pm

    teringat ayah yang mengagumkan dan selalu di segani semua orang.,.,.,.,. miss u dad.,.,.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip


%d blogger menyukai ini: