20
Mar
09

Seberapa Besar Polusi Cahaya Di Sekitarmu ?

Seperti yang sudah kita ketahui pada tanggal 20 Maret 2009 Matahari akan tepat berada pada garis khatulistiwa, fenomena alam yang dinamakan equinox. Beberapa minggu sebelum dan sesudah equinox ini biasanya langit akan cenderung cerah, sehingga pada siang hari akan terasa panas menyengat dan malam akan terasa dingin mengigit. ‘Bonus’ dari periode ini adalah cerahnya langit malam sehingga kita bisa melihat bintang-bintang dan benda angkasa lainnya dengan lebih jelas.

Mumpung langit malam sedang bagus-bagusnya untuk memandangi bintang-bintang, mari kita bantu GLOBE (Global Learning and Observations to Benefit the Environment) untuk memetakan daerah-daerah di dunia berdasarkan tingkat polusi cahaya.

Bagaimana caranya ?

Cara yang dianjurkan –karena cara ini merupakan cara yang paling mudah– adalah dengan menghitung jumlah bintang yang ada di rasi Orion.

Orion

Orion

Pertama-tama, pada ba’da Isya lihatlah ke arah barat, kemudian tengadahkan kepala ke atas, carilah susunan tiga bintang yang nyaris segaris lurus, itulah Sabuk Orion sang pemburu.

Konstelasi Orion

Konstelasi Orion

Orion Sang Pemburu

Orion Sang Pemburu

Berapa bintang yang kamu lihat di Rasi Orion tersebut, cocokkanlah dengan chart dibawah ini :

orion-chart1

Semakin banyak bintang yang bisa kita lihat berarti semakin kecil polusi cahaya di daerah sekitarmu, sebaliknya, jika bintang yang terlihat hanya sedikit, polusi cahaya di sekitarmu sudah cukup besar.

Masalahnya, hasil pengamatan ini saat ini belum bisa kita laporkan ke GLOBE melalui form yang tersedia, karena setelah dilihat di site http://edcommunity.esri.com/gan/2009/report.cfm , lokasi Indonesia belum terdaftar disana😦 Kalian bisa kirimkan hasil pengamatanmu melalui email ke globeatnight@globe.gov



Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: