15
Jan
09

(26 Januari 2009) Gerhana Matahari Cincin dan Sebagian

Tanggal 26 Januari 2009 sore hari, penduduk Indonesia akan mendapat kesempatan untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin – (GMC). Fenomena GMC ini diperkirakan akan melewati selat sunda dan selanjutnya mengarah ke Timur laut. Sedangkan untuk penduduk Indonesia di daerah lainnya jangan kecewa dahulu karena masih bisa menyaksikan gerhana ini dalam bentuk Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Tapi semuanya bisa kecewa jika saat terjadinya gerhana awan dan kawan-kawannya bersepakat untuk menutupi bumi😦

se26jan2009Dari animasi disamping bisa terlihat jalur GMC pada tanggal 26 Januari 2009 tersebut ditandai oleh titik merah. Jadi kira-kira di Indonesia GMC akan terjadi pada pukul ±15.30 wib sampai dengan ±18.00 wib dengan puncaknya pada pukul ±16.40 wib.

Oh iya, apaa sih maksudnya Gerhana Matahari Cincin ? Gerhana Matahari itu adalah peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan sehingga sebagian penduduk di bumi mengalami kegelapan meskipun saat itu adalah siang hari. Disebut Gerhana Matahari Cincin karena pada saat peristiwa gerhana ini sebagian sisi luar matahari masih bisa terlihat dari Bumi. Jika dilihat dari Bumi seluruh permukaan matahari tertutup oleh bulan, peristiwa tersebut dinamakan Gerhana Matahari Total.

Pada saat terjadinya puncak GMC ini sangat dianjurkan untuk tidak melihat langsung ke arah matahari, karena bisa merusak retina mata. Pada saat gerhana otomatis keadaan sekitar menjadi redup, nah mata manusia dalam keadaan redup atau gelap retina mata akan terbuka lebar untuk memasukkan cahaya sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, dalam keadaan terang retina mata akan mengecil karena cahaya yang masuk sudah cukup dengan rana yang kecil.

Perubahan redup ke terang pada peristiwa GMC ini terjadi sangat cepat sehingga dapat dibayangkan, jika mata sedang menatap matahari yang tertutup bulan, retina akan terbuka lebar, tapi pada saat berikutnya perubahan terjadi menjadi sangat terang. Retina akan mengalami kerusakan karena terlalu banyak menerima cahaya matahari.

Berikut ada cara mudah untuk mengamati matahari, dengan bermodalkan kardus bekas dan sedikit alumunium foil, kita bisa menikmati gerhana matahari dengan aman.

Cara Murah dan Aman untuk mengamati Gerhana Matahari

Cara Murah dan Aman untuk mengamati Gerhana Matahari

Bill Buckingham

Credit & Copyright: Bill Buckingham

Foto di atas diambil di China pada saat GMT tanggal 1 Agustus 2008. Pada saat redup, planet Merkurius dan Venus bisa terlihat di sebelah kiri atas Matahari… pada siang hari !

Anthony Ayiomamitis

Credit & Copyright: Anthony Ayiomamitis

Yang berikut ini adalah foto gerhana yang diambil dari luar angkasa, terlihat sebagian daratan Inggris tertutup bayangan bulan.

Foto :
universetoday.com
antwrp.gsfc.nasa.gov


15 Responses to “(26 Januari 2009) Gerhana Matahari Cincin dan Sebagian”


  1. Jumat, 16-Januari-2009 pukul 1:22 pm

    apakah jika melihat menggunakan mata kamera mata kita juga akan mengalami kebutaan.terima kasih

  2. Jumat, 16-Januari-2009 pukul 2:08 pm

    Dari artikel yang pernah saya baca, melihat gerhana dari layar kamera digital adalah aman bagi mata meskipun mungkin tidak aman bagi kameranya, karena pada dasarnya prinsip kerja kamera adalah meniru prinsip mata.
    Melihat langsung gerhana melalui binocular, teleskop sangat tidak dianjurkan, karena efeknya lebih berbahaya daripada melihat langsung tanpa bantuan alat.

  3. Selasa, 20-Januari-2009 pukul 5:46 pm

    beneran bisa bikin buta ya?
    kirain cuma mitos….ternyata beneran.

  4. Selasa, 20-Januari-2009 pukul 7:14 pm

    kalau tenpat tinggal saya kan di jawa barat (Garut)
    apakah saya bisa melihat gerhana pada hari itu ?
    apakah saya bisa melihatnya lewat air ? (sebaskom air)

    Plisss jawab

  5. 5 C.R. Nurdin
    Kamis, 22-Januari-2009 pukul 7:46 pm

    Bagi umat Islam, marilah kita salat, takbir, khotbah, dan berdoa saat terjadi gerhana matahari, 26 Januari 2009 M/29 Muharam 1430 H, sesuai dengan hadis Nabi Muhammad S.A.W., sepertri riwayat Al-Bukhary dan Muslim.

  6. Jumat, 23-Januari-2009 pukul 1:55 pm

    KIAMAT SUDAH DEKAT
    AYO PADA INSAF BAGI YG MAKSIAT,DAN SEGERA SHOLAT….

  7. 7 teguh pambudi
    Minggu, 25-Januari-2009 pukul 9:52 pm

    bagi manusia yang merasa sombong harus insaf terhadap keagungan Allah swt, gerhana adalah salah satu wujud kekusaan Allah Swt yang ingin ditunjukkan langsung kepada umat manusia

  8. 8 syamsul.i. merauke - papua
    Senin, 26-Januari-2009 pukul 9:41 am

    iya..iya. saya kira juga mitos,tapi kayanya di bagian timur bisa liat matahari tenggelem plus gerhananya…………

  9. Senin, 26-Januari-2009 pukul 8:09 pm

    Wah tadi nggak sempat lihat… Abis ketiduran…:mrgreen:

  10. Senin, 26-Januari-2009 pukul 9:53 pm

    haduuhh… bogor mendung!! gak bisa liat gerhana!!! sial…

    salam kenal… main balik ya ke blog gw… http://diazhandsome.wordpress.com

  11. Selasa, 27-Januari-2009 pukul 1:59 am

    @atas
    duh, sama ke”bobo”an juga ni…
    jadi g sempet liad deh, maklum manusia nokturnal, jam segini malah melek (1.58am)

  12. Selasa, 27-Januari-2009 pukul 8:57 am

    Wah, saya lihat gerhana dari Cimahi, meskipun cuaca kurang mendukung, beberapa kali saya berhasil memotretnya dengan peralatan seadanya, cuma pakai kamera handphone dan memakai filter dari klise yang ‘terbakar’.
    Tidak begitu bagus sih hasilnya, tapi nanti saya posting di blog ini (kalau sempat😆 )

  13. Selasa, 27-Januari-2009 pukul 1:40 pm

    duh sdihnya,,,,,
    kmrin tu udah siap2 n udh nunggu2 mo liat gerhana mataharu….eh giliran udh mo kliatan grhnany mlah ktutup mndung….
    alhasil cma bisa mandangin awan tbal doank….huhu

  14. Rabu, 28-Januari-2009 pukul 12:14 pm

    Foto-foto keren dari peristiwa gerhana matahari bisa dilihat di
    http://spaceweather.com/eclipses/gallery_26jan09.htm

  15. Minggu, 1-Februari-2009 pukul 10:25 pm

    Jangan lupakan fenomena alam sebagai kebesaran Allah SWT.26 Januari 2009 adalah hari dimana kita dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin bertepatan dengan hari Imlek.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,678 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: