18
Jun
08

Selamat Ulang Tahun Kota Cimahi

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/f/f6/Logo-Cimahi.png/80px-Logo-Cimahi.png

❓ Tahukah kalian kalau Kota Cimahi pada tahun 2008 ini baru berusia 7 tahun ? (sekarang tahun 2012, jadi usianya sudah 11 tahun)

❓ Masa sih, bukannya Cimahi itu sudah ada dan terkenal sejak jaman Belanda ?

💡 Betul, Cimahi memang sudah terkenal sejak jaman Belanda, tapi baru pada tahun 2001 Cimahi berstatus sebagai Kota Otonom.

Sudah sejak pemerintahan Gubernur Jenderal Hermann Willem Daendels (1808-1811), pertahanan militer Kolonial Belanda di Jawa selalu menjadi masalah yang merisaukan pihak penguasa Belanda. Meskipun pembangunan jalan raya pos dari Anyer ke Panarukan bisa menjamin mobilitas gerakan militer, namun sejarah kemudian membuktikan, bahwa kekuatan pasukan yang dikonsentrasikan di kota pantai (seperti Batavia, Semarang, Surabaya) dengan mudah dapat dipatahkan musuh. Ini terbukti ketika Armada Pasukan Inggris menyerbu Batavia (4 Agustus 1811), tanpa perlawanan yang berarti, kekuatan militer Belanda dengan mudah dibuat kocar-kacir.

Dari pengalaman pahit tadi, kemudian para pembesar militer Belanda merencanakan suatu pangkalan militer di daerah agak pedalaman. Namun letaknya tidak terlampau jauh dari pusat pemerintahan di Batavia. Setelah dipertimbangkan dengan matang, maka dipilihlah Cimahi pada tahun 1896 sebagai pusat militer Belanda.

Dilihat dari letak geografisnya, Cimahi cukup stategis karena berdekatan dengan simpang tiga jalur kereta api maupun jalan raya, Bogor – Bandung dan Cikampek – Padalarang. Dengan jalur kereta api yang dibangun dengan prioritas utama, Cimahi lewat kota Bandung, dihubungkan dengan Pelabuhan Cilacap. Sebuah pintu belakang pertahanan militer di Pulau Jawa. Cimahi merupakan gerbang pertahanan untuk menjaga serta melindungi Pangkalan Udara Militer di Andir, Bandung.

Rencana pembangunan pertahanan dan kekuatan militer Belanda di pulau Jawa yang diklasifikasikan sangat rahasia, dilaksanakan dengan tergesa-gesa. Seorang perwira KNIL mengatakan, rencana pertahanan militer itu dilaksanakan seperti orang mengerjakan perintah Daendels membuat Gunung Sahari di Batavia. Sebuah gunungan dari timbunan tanah yang harus selesai dikerjakan dalam waktu sehari, dengan sebuah bangunan koepel yang bertengger di puncaknya. Tempat Daendels leha-leha minum kopi sambil nyawang pemandangan.

Orang yang diberi tanggungjawab untuk membangun Cimahi sebagai Kota Militer adalah Genie Officer Kapitein Fisher dibantu oleh bawahannya Luitenant Slors*1 Bangunan pertama yang didirikan di Kota Militer Cimahi adalah kompleks perumahan perwira, terdiri dari 8 bangunan yang sering di sebut oleh penduduk pribumi sebagai Gedong Dalapan*2. Kemudian menyusul bangunan Markas Militer, Rumah Sakit Militer, Barak/Tangsi, Sositet Perwira dan bangunan lainnya

Kota Cimahi diresmikan sebagai Garnisun Militer pada bulan September 1896 dengan komandan pertamanya : Majoor Infanteri C.A van Loenen dengan ajudannya Luitenant J.A Kohler. Sejak itu hampir separuh kekuatan garnisun KNIL ditempatkan di Kota Militer Cimahi.

Pada tahun 1935, Cimahi ditetapkan sebagai kecamatan. Setelah kemerdekaan Indonesia, Cimahi menjadi bagian dari Kabupaten Bandung. Pada tahun 1962, dibentuk Kawedanan Cimahi yang meliputi Kecamatan Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cipatat. Berdasarkan PP Nomor 29 Tahun 1975, Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976, dan menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat.

Nah barulah pada 21 Juni 2001 status Cimahi menjadi kota. Hal ini didasari payung hukum Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2001.

*1 Setelah pensiun sebagai Kolonel V.L Slors kembali ke Belanda, namun dipanggil kembali ke Jawa untuk menjadi Direktur Dinas Bangunan Gemeente Bandung. Dialah yang memimpin pembangunan Europeesche Zakenwijk – perumahan elit untuk orang-orang Eropa di Bandung, di sekitar Gedung Sate (tahun 1920)

*2 Di kemudian hari jalan di depan kompleks perwira tersebut dinamakan jalan Gedung Delapan, sebelum akhirnya kini diganti dengan nama jalan Sriwijaya

Sumber:

Wajah Bandoeng Tempo Doeloe, Haryoto Kunto, Granesia, 1984
id.wikipedia.org


2 Responses to “Selamat Ulang Tahun Kota Cimahi”


  1. 1 machmoed santoso
    Rabu, 13-Agustus-2008 pukul 7:41 am

    oo gitu ceritanya toh hihi,
    (orang cimahi yang jarang denger sejarah tentang kotanya sendiri)

  2. Sabtu, 27-Desember-2008 pukul 11:31 pm

    pembetukan kota cimahi sepertinya dilakukan dengan tergesa-gesa, lihat saja ketentuan peundangan yang menyatakan bahwa untuk pembentukan suatu daerah otonom kabuapten/kota minimal harus memiliki 5 kecamatan, sedangkan cimahi sampai sekarang juga hanya memiliki 3 kecamatan. hal inilah yang menjadi keanehan peraturan hukum di indonesia. pemekaran wilayah sekarang ini kebanyakan bukan bertujuan untuk kepentingan masyarakat, tapi lebih bersifat politis. (baca di sini:http://daishz.blogspot.com/2008/08/pemekaran-daerah-demi-kepentingan.html)

    menurut sejarahnya cimahi hanya merupakan back-up militer bagi kota bandung pada masa kolonial, jadi merupakan bagian integral dari bandung bukan terpisah secara otonom. sepengetahuan saya dalam pembentukan kotif cimahi pada masa 70-an wilayah cimahi diperluas dengan mencaplok beberapa wilayah disekitarnya, diantaranya kecamatan batujajar yang paling banyak diambil wilayahnya. sehingga terbentuklah kotif yang terdiri dari 3 kecamatan.

    pemekran wilayah yang terjadi sekarang di wilayah bandung-raya saat ini menjadikan bandung tercabik-cabik compang-camping “teu puguh wujudna” dalam satu wilayah terdapat beberapa daerah otonomi(kab. bandung/ kota bandung/ kota cimahi/ kab. bandung barat/ dan menyusul kab. bandung selatan dan utara sekalian) yang saling tumpang tindih dalam melakukan kebikan nantinya, masayarakatlah yang dipusingkan.

    “bagi masyarakat yang penting itu pelayanan bukan pemekaran wilayah”
    http://daishz.blogspot.com/2008/08/pemekaran-daerah-demi-kepentingan.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Arsip


%d blogger menyukai ini: