27
Apr
08

Nostalgia Sudut Kota

Koq tiba-tiba kangen ya sama tayangan Sudut Kota. Mungkin karena belum lama ini kita (“kita ?, lu aja lagi”😛 ) para penghuni milis Sudut Kota yang kemudian berubah menjadi Cerita Kota mulai aktif chatting lagi dalam sebuah conference.

(c) Mas HadiMilisnya sendiri sudah diabaikan para penghuninya sejak ±tiga tahun lalu, berbarengan dengan diberhentikannya tayangan Cerita Kota. Itupun setelah di re-run beberapa kali😆 Milisnya jelas sepi karena selama acaranya masih tayang, milis digunakan untuk menanyakan sesuatu yang ditayangkan dalam acara Cerita Kota, kalau acaranya sendiri tidak ada, apa yang akan ditanyakan ?

Pertama kali lihat acara ini sewaktu acaranya masih bernama Sudut Kota. Dulu jadwal tayangnya adalah hari Senin malam, pukul 22.30 WIB. Episode yang pertama kali aku lihat adalah episode Bogor. Rudi Gélapan, sang presenter sedang jalan-jalan ke Bogor, makan toge goreng, terus bertamu ke rumah temannya yang seorang dalang.

Yang membuat aku tertarik dengan acara ini adalah, acara ini menawarkan liburan alternatif yang murah-meriah, berbeda dengan acara jalan-jalan yang saat itu sedang mulai marak di televisi. Malah aku bisa bilang acara Sudut Kota ini adalah pionir acara jalan-jalan dan kuliner di televisi Indonesia. Kalian tahu tidak, theme sound Sudut Kota itu diaransemen oleh Tohpati lho, saking senengnya aku jadikan ringtone.

Setelah beberapa episode, jadwal tayangnya pindah ke hari Jumat, tetap di malam hari. Payah nih, pas tayang Jumat seperti ini aku banyak kehilangan kesempatan menyaksikan ngocolnya RG dalam membawakan acara Sudut Kota, karena berbarengan dengan acara mudik dari Jakarta ke Bandung. Kalau keretanya terlambat sampai di Bandung, sudah dipastikan Sudut Kota akan terlewat😦

Rupanya Sudut Kota mampu meraup rating yang cukup tinggi, sehingga oleh ANTV acara ini dipindah jam tayangnya ke hari Minggu sore, waktu yang tepat dimana sebagian besar orang sedang beristirahat.

Di episode-episode awal, Sudut Kota ini hanya membahas daerah dan kuliner di sekitaran Jakarta saja, tapi kemudian mulai melebarkan daerah jajahan ke kota-kota yang lainnya seperti Bandung, Jogja dan Solo serta kota-kota yang lainnya.

Di kemudian hari, acara Sudut Kota ini berubah nama menjadi Cerita Kota. Tidak terlalu banyak perbedaan dalam isi acara, tetap jalan-jalan dan kuliner. Cuma yang agak berbeda adalah cara RG membawakan acaranya, sudah tidak terlalu ngocol, mungkin sudah diplot seperti itu kali ya, kan sekarang Cerita Kota sudah mempunyai segmen pemirsa yang beragam, tidak melulu para anak muda.

Oh iya, para penghuni milis cerita kota juga rutin mengadakan conference dengan Yahoo Messenger setiap sebulan sekali. Aku juga sempat mengikuti dua kali kopdar, yang pertama di Kelapa Gading Mall, dan yang kedua di Bogor. Yang paling berkesan tentu saja kopdar di Bogor. Berangkat bareng dari stasiun Gambir dengan KRL Pakuan, tiba di Bogor ditraktir langsung oleh sang presenter di sebuah restoran. Nikmaaaat🙂

Kapan ya, kita bisa kumpul-kumpul seperti ini lagi ? dan yang terpenting, bisakah acara Sudut Kota a.k.a Cerita Kota ini bisa tayang lagi ? Gosipnya sih Sudut Kota/ Cerita Kota ditayangkan di sebuah televisi swasta di Negeri Belanda beberapa tahun yang lalu. Ada yang bisa konfirmasi tentang hal ini, mungkin meneer yang sedang kesasar ke halaman blog ini bisa memberikan informasi ?

Dengar-dengar sih sekarang RG sedang sibuk dengan urusan kantornya, terus pihakGelar Nusantara sebagai pelaksana produksi lebih konsen menjadi Event Organizer.

Eh eh eh, setelah beberapa tahun akhirnya aku baru tahu nama asli dari Rudi Gélapan, mau tahu namanya ? jangan dipublish dulu deh, nanti saja kalau aku sudah mendapatkan ijin dari sang pemilik nama😆


5 Responses to “Nostalgia Sudut Kota”


  1. Jumat, 2-Mei-2008 pukul 11:19 am

    iya nih, jadi kangen sama CerKot dan penghuninya…….

  2. Minggu, 25-Mei-2008 pukul 10:47 am

    Eh.. mang pada cecetingan lagi Kang? Sapa aja yang ikutan?O_o

  3. 3 ibe
    Jumat, 3-Desember-2010 pukul 11:05 am

    bro ane jg pengemar berat acara sudut kota, unik n asyik, beda dari yg laen,…

    ane bs mnta link video2nya g, cz ane cri di youtube n google dng key yg ane tau, gak dapet2!
    tolong kirimin yak bro!
    sbgai obat kangen w sm s RG

  4. 4 ibe
    Jumat, 3-Desember-2010 pukul 11:06 am

    ane jg pengemar berat acara ntu bro
    ane kngn peng ton video2nya dmn yak ane bs dpt, tlong krim k email ane yak!

    cz ane kngn berat sm s RG

  5. 5 dian
    Jumat, 16-Januari-2015 pukul 3:17 pm

    kami adalah post pro yang membuat acara ini. dari episode 1 sampai terakhir file video ada. jika ada yang berminat, boleh email ke saya : dian.tbkbaya@gmail.com

    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip


%d blogger menyukai ini: