13
Feb
08

Bandoengsche Melk Centrale

https://i1.wp.com/www.geocities.com/bandungcity/bmcdulu.JPG

Bandung tempo doeloe tanpa BMC (Bandoengsche Melk Centrale / Pusat Susu Bandung) bagaikan Mojang Priangan tanpa daya pikat yang menawan.

Sejak akhir abad 19 yang lalu, wilayah Tatar bandung terkenal sebagai penghasil susu sapi berkualitas tinggi di nusantara. Restorasi Kereta Pos pada jalur Cirebon – Bandung – Bogor – Batavia konon menghidangkan susu sapi segar kepada para penumpangnya. Itung-itung buat penangkal lelah dan lapar di perjalanan.

Menurut catatan, pada tahun 1938 di wilayah Bandung terdapat 22 usaha pemerahan susu dengan produksi 13.000 liter susu perhari. Hasil produksi susu ini semua di tampung oleh BMC untuk diolah (Pasteurisasi) sebelum disalurkan kepada para langganan di dalam maupun di luar Bandung.

Dengan sedikit sombong Direktur BMC menulis “Vergeet U niet, dat er in geheel Nederlandsch Oost-Indie slechst een Melk centrale is, en dat is de Bandoengsche Melkcentrale !” (“Anda jangan lupa, bahwa di seantero Nusantara ini cuma ada satu Pusat Pengolahan Susu, dan itu adalah Bandoengsche Melk Centrale!”)

Menurut sejarah Dunia Susu di tanah air kita, di wilayah Bandung ini tercatat tiga perusahaan Pemerahan Susu (Boederij) yang terkemuka. Disebut terkemuka, karena merekalah cikal bakal usaha peternakan sapi perah jenis unggul yang didatangkan dari Friesland, negeri leluhur sapi perah di negeri Belanda sana.

Model peternakan sapi perah yang terkenal adalah perusahaan Generaal de Wet Hoeve milik Tuan Hirscland dan Van Zijll di Cisarua (Sebelah utara Cimahi). Merekalah yang pertama kali mendatangkan sapi perah Friesland ke Nusantara awal abad 20 ini.

Kemudian tercatat pula Lembangsche Melkerij Ursone. Sebuah perusahaan pemerahan susu di Lembang yang didirikan oleh tiga diantara empat Ursone Bersaudara pada tahun 1895.

Usaha keluarga Ursone yang dimulai dengan 30 ekor sapi dengan hasil cuma 100 botol perhari, kemudian pada tahun 1940 telah berkembang menjadi 250 ekor sapi dengan produksi ribuan liter perhari.

situcileunca.jpgSelain kedua perusahaan ini, di Pangalengan, sekitar danau Situ Cileunca, ratusan ekor sapi perah diternakan orang Eropa di sana. Begitu banyaknya sapi perah bibit luar negeri di sekitar danau situ Cileunca ini, hingga majalah Mooi Bandoeng sering menyebut wilayah di Pangalengan ini sebagai Friesland in Indie.

Selain minuman dengan bahan baku susu seperti es krim, susu coklat, BMC mengolah susu menjadi mentega, keju dan krim untuk kosmetika. Hampir seluruh produksi susu di Jawa Barat tertampung oleh BMC pada jaman sebelum perang., hingga tidak ada pernah cerita susu menjadi masam dan dibuang ke sungai.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ca/Frisian_flag.svg/736px-Frisian_flag.svg.pngMemang agak unik juga, setelah 63 tahun Indonesia merdeka, dimana Sang Merah Putih telah menggantikan si Tiga Warna yang telah berkibar selama 3.5 abad di persada bumi pertiwi ini, ternyata bendera asing dari salah satu wilayah di negeri Belanda masih tetap langgeng berkibaran di negeri ini ! Frisian Flag alias Bendera dari Friesland yang menempel pada kaleng susu, tetap melambai-lambai di dapur rumah, warung, toko restoran di segenap pelosok Nusantara.

https://i2.wp.com/www.sahabatnestle.co.id/homev2/main/img_product/brand_susucapnona1.jpgBegitupun Noniek-noniek Friesland yang potretnya terpampang ada susu kaleng cap Nona, menjajakan susu sapinya kepada para konsumen di Indonesia.

Sayang, Susu Bandung yang Bekend tot in de verste hoeken van Java (terkenal sampai ke pelosok terjauh di pulau Jawa !), sekarang tidak begitu dikenal orang lagi seperti tempo doeloe.

https://i0.wp.com/www.geocities.com/bandungcity/bmcnow.JPG

sumber :
Haryoto Kunto, “Wadjah Bandoeng Tempo Doeloe”, Granesia, 1984;
sahabatnestle.co.id;
geocities.com/bandungcity;
en.wikipedia.org/wiki/Friesland;


1 Response to “Bandoengsche Melk Centrale”


  1. 1 ratih
    Senin, 1-Juni-2009 pukul 6:51 am

    i love bandung tempo dulu, kesannya…. sulit dikatakan kena banget di hati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,678 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Arsip


%d blogger menyukai ini: