14
Jan
08

Empat Tahun TransJakarta (2004 – 2008)

https://i2.wp.com/www.jakarta.go.id/transjakarta//data/image/foto_kegiatan/peresmian_jan2005/113_resize.jpg15 Januari 2008, sudah empat tahun sistem transportasi bis terpadu di Jakarta -TransJakarta- beroperasi. Sistem ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sutiyoso ditengah kritikan dan pesimisme sebagian warga Jakarta.

Namun diawal-awal masa operasinya, TransJakarta atau dikenal dengan istilah kerennya TJ (tije) segera merebut hati para pengguna transportasi. Keunggulan sistem ini adalah penggunaan jalur khusus sehingga tidak bercampur dengan kendaraan lain selama perjalanannya, kecuali di beberapa ruas jalan dan perempatan. Apalagi pada dua minggu di awal peluncurannya pihak Badan Pengelola TransJakarta (BPTJ, sekarang berubah menjadi BLU, Badan layanan Umum) menggratiskan ongkos naik bis TJ ini.

Penumpangpun membludak, sampai-sampai halte-halte di Koridor Blok M – Kota tidak cukup menampung masyarakat yang ingin mencoba angkutan baru ini. Kala akhir pekan pemandangan antrian yang meluber hingga JPO sudah menjadi pemandangan biasa.

Aku pun sempat mencicipi angkutan gratis ini beberapa kali. Cukup efisien, bayangkan dari halte Bendungan Hilir sampai Halte Mangga Besar hanya ditempuh dengan waktu ± 15 menit saja, itu sudah termasuk dengan mengantri menunggu bis datang. Memang sih saat itu, petugas DLLAJ dan Polisi agak berlebihan dalam meladeni bis-bis TJ ini. Ketika lewat perempatan bis ini mendapatkan prioritas untuk melewatinya meskipun jaraknya masih jauh dari perempatan. Beberapa kali pak polisi mendahulukan bis ini ketika melewati lampu lalu lintas, padahal lampu baru saja berubah menjadi warna merah ! Tentu saja, aku dan penumpang lain cuma bisa nyengir sekaligus senang karena waktu tempuh dari rumah ke kantor semakin singkat😆

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e1/JakartaTransjakartaHaltestelleInnenraum.jpg/180px-JakartaTransjakartaHaltestelleInnenraum.jpgMasa penggratisan ongkos berakhir pada 31 Januari 2004, 1 Februari 2004 dimulailah masa komersialisasi TJ. Ongkos diplot sebesar Rp. 3.500 untuk sekali jalan. Bagi yang ingin jalan-jalan sepuasnya bisa menyiasatinya dengan turun satu halte sebelum halte terakhir kemudian naik lagi di bis dengan arah sebaliknya. bahkan kini bahkan penumpang bisa keliling Jakarta hanya dengan Rp. 3.500 saja lho, asal kuat saja mengantri di setiap halte transit😀

Sayang, ketika peminat TJ mulai bertambah, hal itu tidak dibarengi dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh BLU. Kurangnya armada bis adalah kenyataan yang paling mencolok, apalagi pada saat peak hour. Para penumpang berjejalan di halte menunggu bis yang akan mengangkut mereka ke halte tujuan. Bagi yang menunggu di halte pemberangkatan mungkin masih akan kebagian tempat duduk atau minimal bisa memilih tempat berdiri yang nyaman, tapi bagi yang menunggu di halte pertengahan, jangan harap bisa mendapatkan kenyamanan. Tidak jarang, bisa hanya berhenti untuk menurunkan penumpang saja, tidak lagi menaikkan penumpang karena kondisi di dalam bis sudah penuh sesak.

Aku pernah mengalami berdesakkan di dalam TJ ini, bahkan saking padatnya kedua kakiku tidak lagi menapak di lantai bis. Pernah juga ada penumpang yang kurang ajar, dalam kondisi berdesakkan seperti itu sempat-sempatnya buang gas😡 (bujug buset dah kata orang betawi mah)

Triwulan keempat tahun 2005 aku mulai berhenti berlangganan TJ. Selain karena semakin menurunnya kualitas pelayanan, bis-bis reguler yang biasanya aku jadikan alternatif ebrangkat kerja ditiadakan karena trayeknya paralel dengan trayek TJ koridor 1. Makin mahal saja ongkos untuk berangkat dan pulang kerja. Saat ini aku hanya menggunakan jasa TJ hanya pada saat-saat tertentu saja, seperti hari Jumat karena pada sore harinya bisa langsung pulang ke Bandung tanpa memikirkan pulang dulu ke kontrakan untuk menyimpan motor.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/5b/Transjakarta_Busway_Map_February_2007.png/579px-Transjakarta_Busway_Map_February_2007.png

Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi mengenai TJ ini bisa bergabung di forum Transjakarta di sini, atau bergabung di milis suaratransjakarta. Cuma di milis ini siap-siap saja kecewa, karena nyaris semua keluhan tidak pernah ditanggapi oleh moderatornya. Keadaan yang sangat berbeda terjadi pada awal 2004 yang lalu, moderator, pihak BPTJnya selalu merespon, bahkan Kepala BPTJ-nya pun turut aktif dalam milis ini.

Yah, mungkin beda orang beda pula pemikirannya, Kepala BLU yang sekarang mungkin gaptek atau tidak mau repot-repot membuka email-email keluhan dari pengguna TJ. (Kali lho, mudah-mudahan aku salah)

Salam kukulutuz !


1 Response to “Empat Tahun TransJakarta (2004 – 2008)”


  1. 1 asmawi
    Jumat, 28-Maret-2008 pukul 5:16 pm

    Bus way,cukup baik.di bandingkan dengan bus2 reguler,tapi ada kekurangan nya buat bus way kalau mau berangkat dari kali deras dan pulang kerja di harmoni, ini yang membuat malas naik bus way, penumpangnya boh…..ngk tahan bejubal dan bus nya terlambat datang dan nunggunya itu juga ngk kuat….cukup lama sih ….kadang2 pegal juga berdiri dan desak2kan….jadi saya harap pada pengelola bus way tolong dong perhatikan hal2 semcam ini….supaya orang banyak berpindah dari kenderaan pribadinya ke bus way.termasuk saya. sementara ini aku masih tetap pakai mobil pribadi ku….yang bikin aku malas menggunakan Bus way karna itu tadi…? kenapa aku komen seperti ini karna dulu aku coba satu minggu naik bus way , akhirnya ngk kuat juga, waktu ku habis nunggu bus nya dan itu lagi ,berdesak2kannya…yang ngk kuat.Buat masukan para TOP managemen Bus way kalau bisa diatasi secepatnya dan bikin bus gandengnya dong pak…maslah ongkos sya kira ngk masalah di naikan 5000 ,asalkan buat penggunanya nyaman. terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,678 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: