30
Des
07

Musim Hujan di Bandung

https://i2.wp.com/www.vintagephoto.tv/images/rainy_day86.jpgDesember 2007, sepertinya hujan mulai rajin mengguyur kawasan Bandung Raya. Setiap hari hujan selalu turun, meskipun intensitasnya kadang kecil. Sekalinya hujan lebat, dapat dipastikan genangan air, atau yang sering disebut orang Bandung sebagai cileuncang terbentuk di beberapa ruas jalan. Jalanan menjadi layaknya sebuah sungai kecil dengan kendaraan bermotor sebagai sampannya. Dampak yang lebih parah tentu saja terjadi di kawasan selatan, daerah Dayeuh Kolot, Banjaran, dan daerah-daerah yang dekat dengan sungai Citarum beserta anak-anak sungainya bisa terendam sampai lebih dari 1 meter.

Aku bersyukur, karena bertempat tinggal di daerah Cimahi, daerah Utara – Barat Laut Bandung yang berketinggian ± 730 meter dpl. Kalau Cimahi sampai tergenang, bisa-bisa Danau Bandung modern akan mengulangi sejarah jutaan tahun yang lalu, dimana saat itu cekungan Bandung ini benar-benar terendam oleh air. (eh ini bukan cuplikan cerita fiksi Sangkuriang lho, silakan googling tentang Danau Bandung).

Satu hal yang aku kurang suka dengan musim hujan adalah suhu ruangan yang bisa di bawah 20°C, lantai rumah dijamin bisa sedingin es, apalagi lantai rumah adalah keramik. Pilek sudah jadi menu sehari-hari kalau musim hujan.

Tapi, meskipun sering hujan, biasanya pagi harinya -kalau kebetulan cuaca cerah- pemandangan sekitar Bandung sungguh menakjubkan. Dengan jarak pandang sampai puluhan kilometer, lapisan gunung-gunung di selatan preanger bisa dilihat dengan jelas, bahkan gunung Gede di kawasan Cianjur terlihat membiru dari Cimahi. Subhanallah.

Kalau dilihat dari tempat tinggalku di Cimahi, barisan gunung-gunung itu adalah sebagai berikut, dimulai dari utara bergerak mengikuti arah jarum jam : Burangrang dan Tangkubanparahu (utara), Bukittunggul (timur laut) puncak Tampomas di Sumedang tampak di kejauhan, Manglayang, Bukit Jarian dan Mandalawangi (timur), Guntur,Cikuray, dan Papandayan (tenggara), Wayang , Geulis, dan Malabar (selatan), serta Patuha (barat daya). Di arah barat daya juga, kita bisa melihat sungai Citarum mengular disekitaran Batujajar dan Cililin. Beberapa bukit juga terlihat jelas dari Cimahi, yang cukup terkenal bagi warga Cimahi adalah Gunung Bohong, Padakasih dan Lagadar. Masih kurang jelas dengan urutan-urutannya ? Silakan mengunjungi Museum Geologi di Jalan Dipenogoro Bandung, disana bisa didapatkan informasi yang lebih jelas.
Bagi yang suka bepergian melewati tol Purbaleunyi, secara sadar ataupun tidak pasti akan melewati rangkaian bukit ini, tepatnya antara gunung bohong dan padakasih yang pada saat pembangunan tol sebagian bukitnya digerogoti agar jalan tol bisa terbentang mulus. Kalau dari arah Jakarta, setelah melewati Pintu Tol Padalarang Barat akan terlihat bukit-bukit ini. Kalau baca referensi orang-orang geologi, kumpulan bukit ini sering disebut sebagai Selacau.

https://i0.wp.com/www.dartmouth.edu/~floods/images/2005022Bandung.jpg

Sakitu we heula baraya,
Hidup Persib (kunaon maneh elehan wae?)


2 Responses to “Musim Hujan di Bandung”


  1. Rabu, 28-Mei-2008 pukul 2:36 pm

    slam kenal dari borneo, menarik bgt blognya lama udah gk jalan2 ke ja-bar adem banget kotanya maklum kalau di tempat kita agak panes, oh ya kalau ada waktu silahkan mapir di blog saya…slam

  2. Rabu, 28-Mei-2008 pukul 3:57 pm

    @hamsim
    Salam kenal juga🙂

    Jangan salah, Bandung sekarang juga panas lho. Pohon-pohon ditebang karena ada pelebaran jalan. Kendaraan makin banyak di jalanan, apalagi ketika akhir pekan tiba atau long weekend


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip


%d blogger menyukai ini: