08
Nov
07

Inilah Potret Pesepakbola Muda Indonesia

Dikutip dari HU Pikiran Rakyat :

MALANG, (PR).-
Permainan brutal yang diperagakan para pemain tuan rumah dan dibiarkan oleh wasit, membuat pertandingan final Kompetisi PSSI U-23 antara Persema Malang melawan Persib Bandung berakhir ricuh. Perkelahian antarpemain tak terelakkan dan pertandingan yang digelar di Stadion Gajayana, Malang, Rabu (7/11) malam, dua kali dihentikan wasit.

GELANDANG Persib U-23 Farikhin Puji memperlihatkan kepalanya yang robek akibat perkelahian pada pertandingan terakhir Kompetisi PSSI U-23 yang ricuh di Stadion Gajayana Malang, Rabu (7/11).*M. GELORA SAPTA/”PR”

Wartawan Pikiran Rakyat, Edi Purwanto melaporkan dari Malang, para pemain Persema main sikut dan tendang. Akibatnya, kepala Farikhin Puji bocor dan retak. Pemain Persib itu mengalami nasib nahas, setelah diinjak secara sengaja oleh pemain Persema. Farikhin terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Selain Farikhin, pemain Persib lainnya Ade Sutrisno juga mengalami luka parah pada bagian bibirnya, karena disikut pemain lawan. Bibir striker Persib tersebut harus diperban agar darah tidak mengucur.

Tindakan wasit Hery Kustanto yang hampir selalu membiarkan permainan kasar pemain Persema, semakin membuat pemain tuan rumah itu merasa leluasa berbuat lebih kasar. Irwan yang menjadi motor serangan Persib, tidak luput dari tebasan. Meski tidak cedera parah, Irwan harus diganti oleh Handri.

Puncak kekesalan Persib terjadi pada pertengahan babak pertama. Ade berhasil menjebol gawang Persema yang dijaga Hendrik Fidianto untuk menyamakan kedudukan, 1-1. Namun, gol tersebut dianulir karena wasit menganggap off-side. Sebelumnya, pada menit ketiga, striker Persema Jaya Teguh Angga menjebol gawang Persib yang dijaga Endi.

Merasa tidak puas dengan kepemimpinan wasit, kubu Persib melakukan mogok main menit ke-30. Setelah terhenti selama lima menit, pertandingan kembali dilanjutkan. Namun, wasit kembali bertindak tidak fair meski akhirnya babak pertama usai. Persema untuk sementara unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, para pemain Persema kembali bermain kasar tetapi dibiarkan wasit. Karena terus diperlakukan kasar, para pemain Persib mengadakan melawan. Akibatnya, terjadi perkelahian antarpemain.

Melihat kejadian itu, beberapa ofisial Persib mencoba melerai. Namun, disalahartikan oleh ofisial Persema. Mereka menyangka ofisial Persib akan memukuli pemain Persema. Akibatnya, terjadi perkelahian antarofisial di tengah lapangan menit ke-51.

Setelah perkelahian reda, Persib kembali melakukan mogok main sebagai sikap protes atas kepemimpinan wasit yang dinilai mereka sangat buruk. Kali ini Persib tidak melanjutkan pertandingan.

Persib dinyatakan kalah

Sementara itu, mengenai hasil pertandingan, Direktur Kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI), M. Achwani mengatakan, Persema meraih kemenangan. “Sesuai peraturan, Persib dinyatakan kalah karena mogok main. Oleh karena itu, skor akhir menjadi 4-0 untuk kemenangan Persema. Unggul 1-0 pada pertandingan dan ditambah 3-0 setelah lawannya mogok main,” ujarnya.

Achwani mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit dan menyayangkan sikap mogok Persib. “Kualitas wasit memang harus ditingkatkan, tetapi itu di luar kewenangan kami. Kami hanya bisa melayangkan rekomendasi ke Badan Perwasitan Sepak Bola Indonesia (BWSI). Tentang sanksi lebih jauh nanti diputuskan dalam rapat PSSI,” katanya.

Sementara itu, manajer Persib U-23 H. Jaja, berharap pertandingan Persib lawan Persema bisa diulang dan dilanjutkan di tempat netral dengan wasit profesional. Pihaknya menawarkan tiga tempat yaitu Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Jaja mengatakan, pihaknya terpaksa mogok bermain karena bila meneruskan pertandingan, dikhawatirkan seluruh pemainnya akan cedera dan mendapat perlakuan kasar dari pemain Persema.

“Ini sudah bukan lagi pertandingan sepak bola. Persema main sangat kasar dan dibiarkan wasit. Jika ingin menjadi juara tetapi menggunakan cara-cara kotor, silakan saja ambil trofi itu,” ujarnya.

Ketua Badan Liga Amatir (BLA) Subarti mengakui, pada pertandingan final Persib melawan Persema tidak menampilkan teknik dan taktik sepak bola.

 

Dikutip dari Indopos :

….

Sementara itu, peringkat ketiga akhirnya diraih Persipura Jayapura yang pada laga terakhir kemarin menaklukkan Persis Solo 3-2 (2-0). Tiga gol Persipura dicetak masing-masing oleh Arnold Mamahi (11’), Henry Christison (35’), dan Malfin Pangkatama (88’). Sedangkan Persis membalas lewat Dodik Rustanto (64’) dan Yanuar Ruspuspito (71’).

Laga Persipura lawan Persis juga diwarnai aksi anarki. Usai pertandingan, pemain Persis ramai-ramai memburu wasit Dede Syafruddin. Mereka kecewa dengan kepemimpinan wasit tersebut dan berusaha melampiaskannya dengan menganiaya sang pengadil. “Kami kecewa dengan hasil pertandingan ini, wasit jelas-jelas merugikan kami,” kata Puspanaden, pelatih. Terpisah, pelatih Persipura Max M Oloua, mengaku puas. “Kami juga dikerjai wasit, tapi kami cukup senang target kami terpenuhi,” ujarnya.

….

 

Duuuh Indonesia, pemain sepakbola mudanya koq bertanding layaknya kumpulan petinju. Ssst, mereka kan sebenarnya sedang meniru kelakuan para senior dan pejabat PSSI. Ketua organisasinya saja seorang narapidana:mrgreen:


2 Responses to “Inilah Potret Pesepakbola Muda Indonesia”


  1. 1 DYN
    Kamis, 8-November-2007 pukul 10:16 pm

    wasit goblog!!

    faktor tuan rumah hampir selalu menjadi yang paling menentukan di indonesia. wasit hanya sebagai alat untuk meraih kemenangan. untk pemain persib, bersabarlah. mengundurkan diri lebih terhormat daripada melayani sekumpulan petinju bermain bola.

  2. 2 Andri
    Jumat, 9-November-2007 pukul 10:22 am

    mengutip dari seorang Rekan, benar juga yaa… kayanya cuma di Indonesia aja, yang pengurus sepakbolanya ‘lebih terkenal’ daripada pemain2 bolanya. Mungkin banyak masalah di kepengurusannya itu sendiri, jadinya si sepakbola itu sendiri ga keurus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,678 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip


%d blogger menyukai ini: