02
Okt
07

Cuti Bersama Ditambah, Siapa yang Senang dan Siapa yang Sewot ?

Semalam selintas melihat potongan berita yang mengabarkan adanya tambahan cuti bersama pasca Idul Fitri 1428h / 2007. Cuti bersama yang asalnya hanya berakhir pada hari Rabu, 17 Oktober 2007 diperpanjang hingga Jumat, 19 Oktober 2007.

Keputusan bersama tiga menteri ini sungguh sangat mendadak. Beberapa pihak tentu sangat diuntungkan dengan keputusan ini, terutama karyawan-karyawan seperti aku ini. Di lain pihak, para pengusaha pasti sudah misuh-misuh, bagaimana tidak, mereka harus tetap menggaji para karyawan yang libur ini tetapi tidak bisa melakukan produksi😡

Tapi kalau dilihat dari kebiasaan para karyawan (aku katakan tidak semuanya), kalau ada akhir libur yang nanggung misalnya di tengah minggu, biasanya para karyawan akan berinisiatif sendiri untuk memperpanjang liburnya, baik secara resmi dengan mengajukan cuti atau meliburkan diri sendiri:mrgreen:

Dengan adanya keputusan tiga menteri ini, berarti mempercepat perpisahanku dengan teman-teman di kantor yang sekarang. Sebenarnya aku sudah mengajukan pengunduran diri pada tanggal 19 Oktober 2007, berarti kepergianku akan dipercepat pada hari Rabu, 10 Oktober 2007. Senang sekaligus sedih. (Sebelumnya kantor kami memberlakukan libur dan cuti bersama mulai tanggal 11 s.d 18 Oktober 2007)

Oh iya, keputusan tiga menteri bernomor 97 Tahun 2007; Kep.326/Men/X/2007; SKB/10/M.Pan/10/2007 ini juga menyebutkan daftar cuti dan libur bersama untuk Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.

Hari-hari libur yang tersisa untuk tahun 2007 :

  • 13-14 Oktober, sepertinya Pemerintah akan menetapkan Idul Fitri tanggal 13 Oktober nih, kalau ternyata berubah, pasti bakal membuat kerepotan luar biasa di masyarakat.
  • 20 Desember, Idul Adha
  • 25 Desember, Natal

Sedangkan Cuti Bersama yang tersisa dan ditambahkan untuk tahun 2007 :

  • 12, 15-19 Oktober, Cuti bersama sebelum dan sesudah Idul Fitri 1428h
  • 21, 24, 26 Desember, Cuti bersama menyambut Idul Adha serta cuti sebelum dan sesudah Natal
  • 31 Desember, Cuti bersama menyambut tahun baru 2008

Pihak-pihak yang bergerak dan terkait dibidang pariwisata pasti sudah berbunga-bunga dengan komposisi libur seperti di atas nih.

PT KA (Persero) dijamin akan mendapatkan keuntungan tidak terduga, bagaimana tidak, pemudik yang sudah kadung membeli tiket balik pasti akan segera membatalkan tiket kepulangan mereka dan mengganti dengan tiket kepulangan yang baru sesuai dengan tanggal akhir cuti bersama yang baru. Setiap penggantian tanggal pada tiket tersebut, pelanggan dikenai biaya administratif sebesar Rp 10.000 untuk kelas EXA, kelas bisnis dan ekonomi aku gak tau berapa biaya administrasinya. Coba saja kalikan uang Rp. 10.000 dengan jumlah pemudik kelas EXA yang akan menggantikan tiketnya.🙂

Selamat berlibur, selamat bersenang-senang dan jangan misuh-misuh ya !

Eh eh eh, harap diingat juga, penambahan cuti bersama ini berarti akan mengurangi jatah cuti tahunan yang sudah menjadi hak karyawan. Kalau hak cuti tahun ini sudah habis, siap-siap saja hak cuti tahun depan dipotong :p


6 Responses to “Cuti Bersama Ditambah, Siapa yang Senang dan Siapa yang Sewot ?”


  1. Selasa, 2-Oktober-2007 pukul 2:18 pm

    Saya termasuk yang misuh-misuh karena dipaksa cuti bersama padahal cuti saya udah defisit, jadi terpaksa deh potong …. huh

  2. Selasa, 2-Oktober-2007 pukul 10:32 pm

    ini udah resmi belon?

    Reply :
    Resmi untuk PNS, sedangkan untuk perusahaan swasta mengikuti kebijakan masing-masing

  3. Kamis, 4-Oktober-2007 pukul 5:15 pm

    JIBANG, Mentri Agama keputusannya libur panjang

    Jabatannya sih Mentri, sebenarnya juga karyawan doang! Pantesan keputusan libur juga diperpanjang!

    Kalau karyawan ga senang, itu sih cuman pura-pura doang! Padahal hatinya girang!

    Maunya libur panjang! Kerjanya gampang! Tapi gajinya ga mau kurang!

    Pengeluaran perusahaan….dari pikiran karyawan ga pernah kebayang!

    Tapi kalo kena pecat! Dibilang perusahaan curang! Jibang!

  4. 5 dwi Yanto
    Jumat, 5-Oktober-2007 pukul 3:01 pm

    Keputusan bersama tiga menteri ini sungguh sangat mendadak. Beberapa pihak tentu sangat diuntungkan dengan keputusan ini, terutama karyawan-karyawan seperti aku ini. Di lain pihak, para pengusaha pasti sudah misuh-misuh, bagaimana tidak, mereka harus tetap menggaji para karyawan yang libur ini tetapi tidak bisa melakukan produksi😡

    Sama aja Bung Cuti Pribadi Kita juga yang di ambil…jadi defisit gitu lho


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: