27
Agu
07

Pluto, sang planet kerdil

Kalau mendengar atau membaca kata PLUTO, apa yang pertama kali muncul dibenakmu ? Sebuah benda luar angkasa atau tokoh anjing dalam serial kartun Walt Disney ?

https://i0.wp.com/ken-jennings.com/blog/wp-content/uploads/2006/08/pluto.jpg atau https://i0.wp.com/antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0103/pluto_sri.jpg

Mana yang lebih dulu muncul ?
Banyak yang bilang nama sang planet berasal dari karakter anjing dalam komik Walt Disney. Kenyataan bahwa komik tersebut memulai debutnya pada tahun yang sama dengan penemuan benda angkasa tersebut oleh manusia dipercaya banyak pihak sebagai salah satu alasannya.
– wikipedia

Gambar bulatan coklat di atas adalah gambar foto planet-kerdil Pluto terbaik sampai saat ini. Belum ada penelitian serius terhadap benda angkasa ini seperti yang dilakukan manusia terhadap benda angkasa lainnya semisal planet Mars. Sebuah pesawat antariksa bernama New Horizon tidak berawak telah dikirimkan oleh Nasa pada Januari 2006 untuk meneliti Pluto dan satelit-satelitnya. Tapi kita harus bersabar, karena pesawat ini baru bisa mendekati pluto pada tahun 2015.

Sewaktu duduk dibangku Sekolah Dasar, aku diajarkan oleh Pak Tata – guru IPA di SDN Cimahi XIII- cara mudah menghapal susunan tata surya kita.

“MaMerVeBuMarYuSaUrNepPlu” kata beliau, yang merupakan akronim dari Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Clyde W. Tombaugh: 1906-1997Pluto ditemukan oleh ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930, Pluto kemudian menjadi salah satu anggota dari Tata Surya yang paling jauh letaknya. Jarak Pluto dengan matahari adalah 5.900,1 juta kilometer. Pluto memiliki diameter yang mencapai 4.862 km dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk Pluto mirip dengan Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -233oCelsius sampai dengan-223o Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es😯 .

Pluto ini ditemukan tidak dengan cara konvensional (dengan didahului melihat benda angkasa dari bumi), melainkan diawali dengan teori kemungkinan adanya planet ke-sembilan dalam tatasurya kita yang mempengaruhi orbit Neptunus.

Pada saat ditemukan secara visual (dengan bantuan teleskop yang kuat tentunya), planet ini diketahui sebagai satu-satunya benda angkasa setelah Neptunus. Pada tahun 1978, Pluto diketahui mempunyai satelit yang ukurannya sedikit lebih kecil darinya yang dinamakan Charon. Setelah itu ditemukan juga satelit kembar bernama Nix dan Hydra.

https://i2.wp.com/antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0606/PlutoNamesFig_crop.jpg

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/81/Outersolarsystem_objectpositions_labels_comp.png/611px-Outersolarsystem_objectpositions_labels_comp.pngJaman sudah berubah, ilmu pengetahuan terus berkembang. Pada tahun-tahun berikutnya diketahui bahwa dibelakang planet Neptunus terdapat jutaan benda angkasa yang dikenal sebagai Trans-Neptunian Objects. Ribuan diantaranya dikenal sebagai Edgeworth-Kuiper Belt atau lebih dikenal sebagai Kuiper Belt saja. Pada tahun 2003 ditemukan benda angkasa yang kemudian diberi identitas 2003 EL61. Penemuan ini cukup menghebohkan, karena walaupun benda ini lebih kecil dari Pluto, ternyata memiliki satelit. Pada Oktober 2003 juga ditemukan UB 313 yang oleh penemunya diberi nama Xena, dan satelitnya Gabrielle (terinspirasi dari serial televisi Xena : Warrior Princess).

Pluto sendiri, dengan orbit memanjangnya yang aneh, memiliki perilaku lebih mirip objek Sabuk Kuiper dibanding sebuah planet, demikian anggapan beberapa astronom. Orbit Pluto yang berbentuk elips tumpang tindih dengan orbit Neptunus. Orbitnya terhadap Matahari juga terlalu melengkung dibandingkan delapan objek yang diklasifikasikan sebagai planet. Pluto juga berukuran amat kecil, bahkan lebih kecil dari Bulan, sehingga terlalu kecil untuk disebut planet.

Pada tanggal 24 Agustus 2006, berdasarkan keputusan International Astrononomical Union, Pluto turun kasta yang asalnya berhak memegang status Planet menjadi Planet Kerdil (drawft planet) bersama Xena (yang kemudian diberi nama Eris) dan Ceres, sebuah asteroid yang mengorbit antara Mars dan Jupiter.

Sampai saat ‘degradasi’ status ini, Pluto masih dianggap sebagai benda terbesar diantara para planet kerdil, Sehingga bagi sebagian astronom yang kurang setuju dengan pengubahan status Pluto ini, masih mempunyai harapan untuk ‘meningkatkan’ lagi status Pluto. Namun, dari hasil penelitian terakhir, Eris ternyata mempunyai massa yang lebih besar dari Pluto.

Hasil analisis terbaru yang dilakukan para astronom AS menunjukkan bahwa Eris 27 persen lebih besar daripada Pluto. Eris diperkirakan berdiameter 2.400 kilometer hingga 3.000 kilometer sedangkan Pluto diketahui berdiameter sekitar 2.300 kilometer. Sedangkan massa Eris diperkirakan 16,6 miliar triliun kilogram.
– afp

https://i2.wp.com/antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/image/0609/eris_keck_big.jpg
Eris dan satelitnya, Dysnomia (sebelumnya bernama Xena dan Gabrielle)

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/91/EightTNOs.png/325px-EightTNOs.png
Trans-Neptunian Objects dibandingkan dengan Bumi (bawah)

https://i1.wp.com/www.gavinrymill.com/dinosaurs/new-solar-sytstem/trans-neptunian-pluto-quaoar-sedna.gif

Orbit Kuiper Objects

Di masa mendatang peluang ditemukannya benda-benda angkasa dalam susunan tata surya kita sangatlah terbuka lebar. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, penemuan tersebut tinggallah menunggu waktu. Aku sih berharap, suatu saat nanti ada ilmuwan Indonesia yang bisa menemukan benda-benda angkasa dan menamakannya dengan nama khas Indonesia, seperti Sangkuriang, Sriwijaya, Rencong atau bahkan si Kabayan😆

UPDATE, Juli 2011

Berdasarkan citra yang ditangkap oleh teleskop Hubble, pada bulan Juni – Juli 2011, para peneliti NASA berhasil mengungkapkan keberadaan satelit ke-4 yang mengorbit Pluto. Satelit yang hingga kini diberi kode P4 tersebut mengelilingi Pluto dalam waktu 31 hari. Satelit ini diperkirakan memiliki diameter 13 hingga 34 kilometer.

Baca juga artikel lainnya disini https://cingciripit.wordpress.com/category/astronomi/


16 Responses to “Pluto, sang planet kerdil”


  1. Jumat, 15-Februari-2008 pukul 1:42 pm

    sebenarnya jarak antara galaksi dengan galaksi yang lain akan sermakin jauh jika sudah mencapai titik yang maksimum semua materi di seluruh jagat raya akan bersatu kembali atau akan hancur

  2. Selasa, 11-Maret-2008 pukul 11:04 am

    pean, punya arsip struktur planet mars?

    Reply :
    Tidak punya, mungkin teman2 yang lain ada yang bisa membantu ?

  3. 3 nay
    Kamis, 13-Maret-2008 pukul 4:31 pm

    “Subhanalloh. Alam ini sungguh Luas.. aku selalu berfikir paralel, jika Tuhan menciptakan amuba hingga manusia, tentu saja matahari hingga pluto, dan masih banyak planet2 lain yang akan seiring ditemukan.”

  4. 4 keoz
    Jumat, 25-April-2008 pukul 12:32 pm

    mas, bukannya Pluto skrg ‘diusir’ dari tatanan tata surya kita oleh konferensi astronomi internasional tahun lalu??karena Pluto ga punya sifat2 keplanetan?

  5. Sabtu, 26-April-2008 pukul 7:50 am

    @ keoz :
    Yup, karena itulah mengapa aku beri judul postingan ini Pluto, sang ‘planet kerdil’ alias drawft planet🙂

  6. Kamis, 12-Juni-2008 pukul 2:11 pm

    bagi aku sih…..pluto merupakan salah satu hasil maha karya sang pencipta. ALLAH telah menciptakan semua mahluk dan benda dari yang terkecil hingga yang terbesar. tidak ada DZAT apapun yang melampaui kebesaran ALLAH.SWT.

  7. 7 lisya manisa
    Sabtu, 28-Juni-2008 pukul 12:12 pm

    emm……. aku pnasaran sama planet qoaoar. ktanya planet itu udh termsuk slah stu anggota tata surya yaa?

  8. Jumat, 19-September-2008 pukul 11:31 am

    menurut koe sih planet tersebut dapat ditemukan dengan adanya ilmu pengetahuan dan tehnologi yang semakin canggih. karena ALLAH menciptakan semua itu untuk kita pelajari dan pahami bahwa begitu besar dari kekuasaan-Nya

  9. Rabu, 24-September-2008 pukul 1:42 pm

    bagi saya pluto itu planet yang di buat olehhhhh. allah

  10. 10 sukron ali
    Kamis, 23-Juli-2009 pukul 5:41 pm

    alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT ini penuh banyak tabir misteri, banyak hal yg belum terungkap. Dan semata-mata sebagai bahan renungan buat kita semua….semoga kita bisa ambil bagian dalam penemuan-penemuan selanjutnya….Allahuakbar

  11. 11 uwi reynaldi
    Rabu, 2-September-2009 pukul 5:37 am

    ooouuuuuuwwwww,….!
    gw baru tau,..
    hehehehe

  12. 12 jakabrama
    Kamis, 27-Mei-2010 pukul 11:22 am

    asyiiikkkkk pengetehuan luar angkasa jadi pingin pinter juga nih

  13. 13 jakabrama
    Kamis, 27-Mei-2010 pukul 11:23 am

    Mat kenalk buat semuanyaa…setiap pengetahuan yang ada di siniii pastii aku baca…..he he he gap apa apa ya …cuman bisa baca ajaaa…blom pinetr sih

  14. Selasa, 15-Juni-2010 pukul 12:24 pm

    kalau mao pinter bca ja yg di atas,,,
    di jamin ppppppiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnttttttttttttteeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  15. Minggu, 6-Februari-2011 pukul 1:40 pm

    jadi pengen,,, tau perkembangangan kegiatan d luar angkasaaa,

  16. Rabu, 27-Februari-2013 pukul 8:06 am

    This design is spectacular! You certainly know how to keep a reader entertained.

    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost.
    ..HaHa!) Fantastic job. I really enjoyed what you had to say, and more than that,
    how you presented it. Too cool!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Pengunjung

Blog Stats

  • 396,745 hits

Yang Lagi Baca Cingciripit

website stats

Yahoo! ID : king_mercury95

Kalendar

Agustus 2007
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: