09
Agu
07

GTM (Gempa Tengah Malam)

Semalam -sekitar pukul 00.00 -ketika sedang menonton film Transporter- tempat tidur terasa bergerak ke kiri dan ke kanan, aku kira istriku yang tidur di sebelah kananku sedang ngulet, tapi kok getarannya konstan dan agak lama. Aku perhatikan istiku tidurnya diam, cepat-cepat aku perhatikan detektor gempa buatanku -botol Caladine Cair yang digantung dengan seutas benang- tidak bergerak (pada akhirnya aku tahu detektor ini tidak bergerak karena terhalang benda di atas laci), tapi ruangan serasa bergoncang. Buru-buru aku membangunkan istriku dan berlari keluar kamar, gantungan kunci yang bergerak sendiri semakin meyakinkan di Jakarta sedang terjadi gempa. Ketika keluar rumah, tetangga depan pun sama paniknya denganku, tapi tidak semuanya keluar rumah lho, sebagian besar penghuni rumah lainnya mungkin sedang terlelap sehingga tidak merasakan guncangan gempa.

Di luar rumahpun guncangan masih terasa, sempat terasa pusing di kepala, tapi sesaat kemudian guncangan tersebut berhenti. Setelah tetangga masuk ke rumahnya masing-masing, aku pun ikut masuk. Tapi aku benar-benar tidak bisa tidur, takut ada gempa susulan. Meskipun sering di dongengin oleh Pak Rovicky, bahwa gempa susulan tidak akan sekuat gempa awal, tetap saja aku tidak bisa tidur.

Berita update gempa di televisi belum muncul, biasanya kalau ada gempa, news bar di beberapa stasiun tv langsung dipenuhi oleh informasi lengkap mengenai gempa. Apa karena gempanya terjadi malam hari ya ? Petugas yang bertanggungjawab menambahkan berita di news bar sedang terlelap atau masih di luar ruangan karena panik😀 . Aku coba kirim sms ke adikku yang berada di Cimahi untuk mengetahui keadaan disana, tapi tidak ada jawaban terus, sepertinya hp-nya sedang dicharge. Pukul 00.48 ada sms masuk, ternyata sms berasal dari Maya, sepupuku yang berada di Yogya :

Tdi da gempa, djogja krasaBgt kerasny,ckupLma,smwPda keluarRmh,tpiSkrng dhMsukLg.7SR

Sekilas aku ingat, kalau yang menulis sms ini pasti bukan Maya, melainkan adiknya, Rahmat🙂 Yang cukup membuat merinding adalah informasi 7SR, dengan kekuatan sebesar itu Yogya bisa luluhlantak seperti kejadian tahun lalu. Dengan kabar keadaan Yogya biasa-biasa saja, aku menduga pusat gempa bukan ada di Yogya.

Pukul 01.00 seperti biasa headline news di metro tv, seperti dugaanku informasi gempa muncul. Diberitakan pusat gempa 75km arah barat laut Indramayu. Segera hp aku ambil lagi, aku kirim sms ke Om Nowo yang bertempat tinggal di Indramayu. Ku telepon juga rumah ortu di Cimahi. Informasi yang aku dapatkan dari ayahku diujung telepon sana : keluarga baik-baik saja, meskipun sempat panik juga diguncang gempa. Pukul 01.04 ada jawaban sms dari Om Nowo :

Alhamdulillah. Tdk terasa&mudah2 tdk ada apa-2

Wah, apa iya tidak terasa apa-apa nih Om ? Wong di televisi aja diberitakan penduduk Indramayu pada keluar rumah karena merasakan guncangan yang cukup keras, jangan-jangan Om tidak merasakan apa-apa karena tertidur dengan nyenyak😛

Pukul 02.00 belum bisa tidur, headline news metro tv masih memberitakan tentang gempa yang dua jam sebelumnya terjadi. Terakhir aku sempat lihat jam di dinding menunjukkan pukul 02.20-an. Rupanya aku tertidur juga, ketika terbangun jam sudah menunjukkan pukul 05.30 ! Wah belum sholat Shubuh. Setelah sholat Shubuh, tidur lagi sampai menjelang pukul 07.00.

Di berita pagi, nyaris setiap stasiun televisi memberitakan kejadian gempa semalam pada kesempatan pertama, mengalahkan berita pilkada Jakarta yang baru pertama kali diadakan.

Dari informasi yang aku dapatkan di site USGS, detil gempa semalam adalah sebagai berikut :

Earthquake Details

Magnitude 7.5
Date-Time
  • Wednesday, August 8, 2007 at 17:04:58 (UTC)
    = Coordinated Universal Time
  • Thursday, August 9, 2007 at 12:04:58 AM
    = local time at epicenter
  • Time of Earthquake in other Time Zones

    Location 5.968°S, 107.655°E
    Depth 289.2 km (179.7 miles)
    Region JAVA, INDONESIA
    Distances 100 km (65 miles) E of JAKARTA, Java, Indonesia
    110 km (70 miles) N of Bandung, Java, Indonesia
    135 km (80 miles) NW of Cirebon, Java, Indonesia
    140 km (85 miles) NE of Sukabumi, Java, Indonesia
    Location Uncertainty horizontal +/- 8 km (5.0 miles); depth +/- 11.2 km (7.0 miles)
    Parameters Nst=170, Nph=170, Dmin=545.1 km, Rmss=1.18 sec, Gp= 36°,
    M-type=moment magnitude (Mw), Version=7
    Source
      USGS NEIC (WDCS-D)
    Event ID us2007fubd
    • This event has been reviewed by a seismologist.

    0 Responses to “GTM (Gempa Tengah Malam)”



    1. Tinggalkan sebuah Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Kategori

    Pengunjung

    Blog Stats

    • 396,745 hits

    Yang Lagi Baca Cingciripit

    website stats

    Yahoo! ID : king_mercury95

    Kalendar

    Agustus 2007
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Arsip


